Minggu, 17 April 2016

Apa Itu Motherboard

mb

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada anda tentang pengertian dasar sebuah motherboard. Kenapa saya mengambil sebuah materi tentang Motherboard? Ini dikarenakan saya sering menjumpai banyak rekan saya yang tahu tentan motherboard, namun mereka tidak paham pengertian dan fungsi dasar dari sebuah motherboard.

Dibawah ini saya akan menjelaskanya kepada anda mulai dari pengetian motherboard, fungsi dasar sebuah motherboard, dan komponen-komponen yang ada dalam suatu motherboard. Oke langsung saja ke pokok bahasan.

Pengertian Motherboard

 

mb

Dikutip dari Wikipedia Indonesia Pengertian dari Motherboard atau orang biasa menyebutnya mainboard adalah “papan utama dalam sebuah PC berupa pcb yang telah memiliki suatu chip bios, jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat yang akan terhubung ke Motherboard.

Motherboard pada saat ini sangat mudah dijumpai di toko-toko elektronik, khususnya toko yang menjual peralatan sebuah PC yang kini tersebar luas di setiap daerah. Dan pada saat ini motherboard yang sangat mudah untuk kita temui adalah motherboard PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar sesuai dengan spesifikasi PC IBM.

Motherboard atau mainboard merupakan komponen utama dari sebuah perangkat PC, karena pada Motherboardlah semua komponen perangkat akan disatukan yang hasilnya menjadi sebuah Personal Computer. Bentuknya seperti papan sirkuit elektronik. Motherboard atau Mainboard merupakan tempat berlalu lalangnya semua data yang diproses. Motherboard atau Mainboard menghubungkan semua peralatan yang terdapat pada suatu komputer dan membuatnya agar bisa bekerja sama sehingga komputer bisa berjalan dengan lancar.

Komponen dalam Motherboard


1. Konektor Power
2. Socket atau Slot Prosesor
3. North bridge controller
4. Socket Memori
5. Konektor Floppy dan IDE
6. AGP 4X slot
7. South bridge controller
8. Standby Power LED
9. PCI slots
10. PS/2 Mouse Port
11. Port Paralel dan Serial
12. RJ-45 Port
13. Line in jack
14. Line out jack
15. Microphone jack
16. USB 2.0 port 1 dan port 2
17. USB 2.0 port 3 dan port 4
18. Video Graphics Adapter Port
19. Konektor keyboard
20. Baterai CMOS

*Semua komponen di atas akan saya bahas satu persatu di lain kesempatan.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

6 komentar

Harga motherboard ini kira kira berapaan ya gan..?

Balas

Makasih gan, kebetulan ane juga lagi belajar tentang motherboard atau papan induk nih.

Balas

syukurlah kalo bermanfaat :D

Balas

nambah ilmu baru nih tentang motherboard

Balas

motherboard yang mana ya gan? :D

Balas

nih yang ane cari buat tugas tik maksih min artikelnya tugas jadi slesai

Balas