Selasa, 30 Juni 2015

6 Nasihat dari Imam Syafi'i

Setelah saya mendapatkan pencerahan dari Asisten Trainer ESQ yang Insya Allah akan menjadi Trainer hebat ditahun 2020, dia adalah Sandy Muharam Agustian. Dia berbicara secara langsung kapada saya di kamar tidur ketika saya sedang asik dengan kegiatan browsing, bahwa ada 6 Nasihat dari Imam Syafi'i tentang Ilmu yang diperoleh oleh kita.

Ilmu yang kita peroleh selama ini sebenarnya semuanya mempunyi jalannya masing masing sehingga kita memiliki ilmu tersebut. Ka Sandy menjelaskan kepada saya tentang 6 Nasihat dari Imam Syafi'i.

1. Kecerdasan
6 Nasihat dari Imam Syafi'i

Kita tidak akan mendapatkan suatu Ilmu jika kita tidak dibekali dengan Kecerdasan yang ada dalam diri kita. Maka jika kita mepunyai satu Ilmu saja didalam diri kita berarti kita sudah dibekali dengan Kecerdasan yang telah diberikan oleh Allah SWT. Semua orang mempunyai Kecerdasan itu, namun tidak semua orang yang dapat memanfaatkan Kecerdasan itu. Maka manfaatkanlah Kecerdasan yang sudah terdapat dalam diri kita kedalam sesuatu yang dapat membuat keberkahan bagi kita.

2. Bersemangat
6 Nasihat dari Imam syafi'i

Jika kita hanya mengandalakan Kecerdasan kita saja, mungkin kita tidak akan mendapatkan Ilmu secara optimal. Maka kita dituntun untuk bisa mendapatkan ilmu dengan Bersemangat, sangat tidak mungkin bila anda ingin mendapatkan ilmu namun anda bermalas malasan ketika anda mendapatkanya. Bersemangatlah dalam menggapai Ilmu baru dalam hidup anda

3. Kesungguhan
6 Nasihat dari Imam Syafi'i

Kesungguhan merupakan hal yang hampir sama dengan Bersemangat, namun hal ini dibedakan dengan apabila Kesungguhan itu tidak hanya dilakukan sekali saja melainkan kita harus dibarengi dengan Kesungguhan setiap saat apabila kita ingin mendapatkan Ilmu tersebut.

4. Berinvestasi
6 Nasihat dari Imam Syafi'i

Berinvestasi disini bukanlah menyimpan uang dan kita hanya duduk santai untuk mendapatkan Ilmu, namun kita membayar sejumlah uang dengan dibarengi dengn proses pembelajaran seperti sekolah, mengaji, ikut workshop, ikut seminar dan masih banyak lagi. Dengan cara ini kita dapat mendapatkan ilmu tersebut

5. Pembimbing atau Mentor
6 Nasihat dari Imam Syafi'i

Mempunyai pembimbing atau mentor merupakan hal yang wajib bagi kita apabila kita ingin mendapatkan Ilmu. Pembimbing atau Mentor bertugas mengajarkan serta membimbing kita untuk dapat mendapatkan Ilmu teersebut.

6. Dengan Waktu yang Lama
6 Nasihat dari Imam Syafi'i

Ya yang terakhir ini merupakan hal yang sangat pasti. Kita tidak akan mendpatkan Ilmu secara merinci jika tidak melalui proses waktu yang lama. Seseorang bisa dikatan sebagai profesional dalam bidang Ilmu tertentu apabila dia sudah melalui proses waktu yang sangat panjang dalam bidang tersebut.

Nah begitulah 6 Nasihat dari Imam Syafi'i yang telah dijelaskan oleh Ka Sandy kepada saya. Maka perhatikanlah semua faktor yang diatas sebagai acuan kita dalam memperoleh suatu Ilmu.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar