Minggu, 24 April 2016

3 Tips Sederhana Mencegah Masuknya Virus Pada Komputer

no viruses

Setiap orang yang memiliki perangkat komputer atau laptop pasti akan merasa takut jika komputer atau laptopnya terjangkit oleh suatu virus yang merugikan, terutama para pengguna windows OS.

Hal yang paling ditakutkan adalah kemampuan virus yang dapat merusak sistem juga mampu menghilangkan data penting yang kita miliki. 

Penyebaran virus yang paling banyak terjadi melalui perangkat flash disk maupun hard disk eksternal, dimana kedua perangkat tersebut sering kita gunakan untuk mentransferkan data dari komputer teman maupun warnet ke komputer milik kita.

Dan sekarang penyebaran virus bisa kita jumpai melalui media Internet. Lantas bagaimana cara mengatasi penyebaran virus tersebut ke komputer kita?

dikutip dari jagatreview ada beberapa cara menghindari masuknya virus pada komputer, yaitu dengan cara :

1. Gunakan Antivirus di Komputer Kita


anti viruses

Pada sekarang ini ketersediaan Antivirus sudah banyak, anda bisa memilihnya berdasarkan keperluan anda dari berbagai merk Antivirus. 

Antivirus tersedia dalam versi berbayar dan juga versi gratis. Dan dari versi tersebut tentunya ada kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan. 

Antivirus berbayar banyak dipilih dikarenakan dilengkapi dengan layanan sales after service yang sangat baik. Yang tentunya sangat bermanfaat. Update Database yang dilakukan oleh para vendor Antivirus berbayar biasanya dilakukan secara rutin. Ini bertujuan agar bisa mengoptimalkan kerja dan manfaat dari Antivirus tersebut.

Jika anda sudah menggunakan Antivirus tersebut, jangan lupa untuk selalu melakukan aktifitas Scan pada komputer maupun laptop secara rutin. Karena dengan cara tersebut kita bisa selalu mengawasi pergerakan dari virus tersebut.

2. Jangan Lakukan Double-Click


Ketika anda ingin mengambil data dari sebuah Flash Disk ataupun Hard Disk, diusahakan anda tidak meng-klik dua kali folder yang akan dibuka dikarenakan bisa memungkinkan virus untuk masuk.

menu kiri explore

Masuklah melalui Windows Explore yang berada disebelah kiri pada menu folder.


3. Buatlah Folder autorun.Inf


autorun inf

Autorun pada Windows bisa menjadi jembatan untuk masuknya virus pada komputer maupun laptop kita. Jika anda memasukan Flash Disk pada komputer maupun laptop biasanya akan berjalan secara otomatis fitur dari autorun.

Anda dapat mematikan fitur autorun tersebut atau anda bisa melakukan pembuatan folder baru dengan nama autorun.inf.

Baca Tentang : Cara Mematikan Fitur Autorun atau Autoplay pada Windows

Dengan demikian kita sudah bisa mencegah virus membuat sarang baru dengan nama yang sama dengan folder yang sudah kita buat, sehingga  dengan cara ini flash disk kita bisa dikatakan aman dari serangan virus.

Itulah beberapa cara atau tips untuk mencegah masuknya virus pada komputer kita. Tidak salahnya kita mewaspadari pergerakan dari virus, yang bisa saja merugikan kepada kita. 

Terlebih jika data penting terdapat pada komputer ataupun laptop kita. Bagaimana dengan anda?


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

3 komentar

Baru tahu nih, thx bro infonya.

Balas

Baru tahu nih, thx bro infonya.

Balas

sama sama mas Hermiawan :D

Balas