Minggu, 28 Juni 2015

Resiko di Contek KM (Ketua Murid)

rifkiedr

Hai kawan-kawan, selamat mambaca postingan pertama saya ini. Saya akan membahas tentang kejadian yang sering terjadi disekolah, kalian pasti tahu dong? yup “SALING MENCONTEK”. Mencontek merupakan hal yang sangat wajib ketika kita disekolah, saya berani jamin semua orang pasti pernah nyontek, pasti!.

Kisah dimulai ketika saya sedang duduk dibangku sekolah kelas 10. Disaat itu saya merupakan anak yang boleh dikatakan sedikit agak pintar, ia sedikit pintarnya tapi bodonya banyak. Waktu itu saya ingat ketika ada ulangan pelajaran Ekonomi dengan didampingi oleh Guru Horor. Saya berada dibangku tepat dibelakangnya sang KM. saya sih happy banget ya bisa duduk dibelakangnya si KM, secara gitu KM kan biasanya anak yang boleh dikatakan paling pinter tuh dikelas, jadi ya pantas saja kalo saya senang sekali bisa duduk dekat dengan si KM biar bisa NYONTEK.

Kertas ulanganpun dibagikan oleh si Guru.  nah waktu itu kebetulan banget soal yang diberikan si Guru ternyata semuanya telah saya pelajari sebelumnya dirumah, jadinya gak usah ribet-ribet NYONTEK tuh ke si KM. Setelah dibagikan soalnya langsung saja saya menulis tuh jawabannya. Pas saya mengisi itu jawaban hampir setengah dari soal udah beres di kerjain, saya liatin tuh lembar jawaban siKM ternyata siKM belum mengerjakan  satu soalpun sedangkan waktu tinggal 10 menit lagi.

Dari situlah tergerak hati saya untuk menolong sesama, saya bertanya kepada siKM “KM kenapa belum dikerjain tuh soal?” siKM jawab “Ini soal ama yang gua hapalin semalem beda, gua malah ngapalin bab yang lain” jawab siKM dengan berbisik. Sayapun menjawab “Mau dibantuin kagak?”, siKM dengan penuh semangat menjawab”Ok mau banget!”. Dari situlah konflik dimulai.

Si KM mencontek semua jawaban saya tanpa ada yang diganti satukata pun. Saya pikir waktu itu sih gak masalah mau disamain apa kagak, yang penting saya sudah menolong sesame pelajar yang teraniaya oleh Guru Horor. Akhirnya bel tanda ulangan selesai sudah berbunyi, kami berdua mengumpulkan kertas jawaban kami bersama-sama. Lega deh rasanya bisa ngerjain soal Ekonomi tanpa menyontek, malah saya yang dicontek.

Setelah satu minggu selepas ulangan, nilaipun turun. Saya sudah optimis dengan jawaban saya ketika ulangan. Si Guru pun membagikannya ke kelas kami. Sebelum membagikan hasil ulangan si Guru menyampaikan sesuatu kepada kami “Bapak kecewa dengan kalian, masa nilai ulangan kalian pada kecil? Namun ada satu diantara kalian mendapat nilai tinggi yaitu 90”. Sepontan disitu saya yakin bahwa saya mendapatkan nilai 90 itu, karena waktu setelah ulangan beres saya mengecek jawaban saya dibuku paket yang kebanyakan jawaban saya benar.

Si Guru pun membagikan satu persatu kepada semua murid di kelas. Akhirnya nilaipun sudah tiba ditangan saya, saya merasa degdegan untuk melihat dibalik kertas jawaban yang terlipat berapakah nilai yang saya dapat. Dibukalah perlahan lipatan kertas itu dan ternyata nilai saya jeblok, dengan ada catatan dari si Guru “Jangan nyontek ke KM! bapak salahkan semua jawaban kamu!”.

Jleb, sakit rasanya seperti ini. Saya udah baik baik ngasih jawaban ke si KM, eh malah saya yang disangkan nyontek. Aku tuh gak bisa diginiin! Saya pun langsung bergegas untuk protes ke si Guru tentang apa yang sebenarnya terjadi. Dan akhirnya tetap masih saya yang disangka nyontek, sedangkan si KM enak mendapatkan nilai 90 dengan jawaban hasil nyontek dari saya. Ok fine, mulai saat ini saya gak akan pernah kasih nyontek ke siapapun lagi!

Mungkin semua orang sudah kena doktrin “KM dalah murid paling pintar dikelas”.

Ok, bagi kalian semua yang masih menempuh proses belajar pada saat ini janganlah kalian membagikan hasil jawaban anda kepada teman anda jika anda tidak mau kejadian seperti saya.

Salam Pelajar


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar