Senin, 18 Juli 2016

6 Cara Melakukan Perawatan Software pada Komputer

6 Cara Melakukan Perawatan Software pada Komputer

Oke setelah kemarin sempat saya bahas artikel mengenai 7 Alat yang Biasa Digunakan untuk Merawat (Maintenance) Komputer PC. Sekarang giliran kita mengetahui bagaimana sih Melakukan Perawatan Software pada Komputer. 

Ada 6 hal yang harus kita perhatikan dalam merawat sebuah software komputer, terlebih lagi untuk merawat sistem operasi komputer kita. Oke langsung saja kita bahas satu persatu.

1. Hidup atau Matikan Komputer sesuai Prosedur



Jika kita menggunakan Windows sebagai Sistem Operasinya dalam komputer kita, maka langkah ini sangat lah berperan penting dalam menjaga komputer supaya berjalan dengan baik. Tidak hanya Windows saja saya rasa semua Sistem Operasi baik itu Linux, Mac OS, dan sebagainya harus memperhatikan langkah ini.

Lakukanlah proses Shutdown Windows dengan benar sesuai prosedur, sehingga jika kita menyalakan kembali Komputer kita maka tidak ada masalah yang muncul ketika dihidupkan. Jangan pernah anda mematikan aliran listrik secara tiba-tiba kepada komputer anda secara terus menerus, itu akan membuat sistem operasi anda terganggu bahkan hardware pada komputer juga akan ikut terganggu.

2. Gunakanlah Antivirus




Sudah menjadi kewajiban untuk para pengguna Windows dimana mereka mengharuskan untuk menggunakan Software Antivirus pada komputer mereka. Tujuannya yaitu supaya komputer kita lebih aman ketika ada virus yang menyerang pada komputer kita.

Baca juga : 3 Tips Sederhana Mencegah Masuknya Virus Pada Komputer

Terutama jika anda suka melakukan transfer data melalui media flashdisk. Flashdisk yang selalu terhubung pada komputer sana sini akan lebih mudah dijangkit sebuah virus komputer, dimana virus tersebut akan masuk ke komputer kita pada saat transfer data dimulai.

Terlebih jika anda menggunakan Komputer anda untuk melakukan aktifitas browsing internet, maka sudah tidak salah lagi jika anda akan terjangkit virus ataupun malware pada komputer anda. Oleh sebab itu ini merupakan langkah yang sangat penting bagi anda untuk menjaga komputer anda tetap sehat.

3. Lakukan Backup Data




Backup data merupakan hal penting bagi anda yang mempunyai data-data yang sangat penting. Backup data ini berguna untuk menjaga keamanan data mengurangi penggunakan kapasitas media penyimpanan dan memudahkan pendistribusian data jika di butuhkan.

4. Gunakan UPS




Jika listrik didaerah anda kurang stabil, sebaiknnya anda menggunakan UPS pada komputer anda. Meskipun ini bukanlah langkah yang wajib dilakukan, dikarenakan harga UPS yang tidak bisa dikatakan murah bagi sebaian orang namun anda harus mengetahui kegunaan dari UPS ini.

Ketika listrik ditempat anda padam maka UPS akan menggantikan supply listrik pada komputer anda, sehingga komputer dapat menyala dalam beberapa waktu. Tidak dianjurkan untuk pemakaian lama menggunakan UPS dikarenakan kapasitasnya yang tidak akan cukup untuk sebuah komputer.

Anda bisa melakukan save data penting anda ketika menggunakan UPS dan mulai untuk mematikan komputer anda. Itulah kegunaan UPS yang dimana sangat membantu pekerjaan anda dirumah, terlebih lagi anda sedang malakukan proses pembuatan dokumen penting.

5. Lakukan Penataan Disk secara Rutin



Proses hapus tulis dokumen atau file pada Hardisk membuat struktur file dalam Hardisk menjadi berantakan, maka dari itu anda perlu melakukan Penataan Disk. Gunakan software pembantu untuk melakukan penataan disk seperti Scandisk dan defrag.

6. Jangan Install Software




Maksud dari jangan install software ini adalah janganlah anda melakukan instalasi aplikasi atau software yang sekiranya tidak terlalu penting pada komputer anda walaupun komputer anda masih mampu untuk melaksanakannya.

Semakin padat konfigurasi software pada sebuah Sistem Operasi, maka kinerja komputer menjadi lambat. Jika anda yang mengeluh komputer anda sering lemot atau hang, periksalah aplikasi atau software yang terpasang pada komputer anda, sekiranya ada aplikasi yang berat ataupun tidak perlu maka unistall saja aplikasi atau software tersebut.


Itulah 6 Cara Melakukan Perawatan Software pada Komputer. Semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 komentar

Mantap gan bermanfaat infonya.

Balas

Bermanfaat gan artikelnya, cocok buat saya yang kurang peduli perawatan

Balas