Rabu, 02 September 2015

Resume OS Jarigan

Rifkie Dr

Halo, bertemu lagi dengan saya di artikel baru tentang Resume Os Jaringan. Artikel ini saya buat sebagai tugas sekolah dan juga saya ingin berbagi dengn kalian semua tentang materi ini.

Sistem Operasi adalah penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras. Adapun pengertian secara umum adalah suatu pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan kepemakai, sehingga memudahkan penggunaan dan pemanfaatan sumberdaya sistem komputer.

Sedangkan Sistem Operasi Jaringan adalah sebuah jenis OS yang khusus untuk menangani jaringan. Sistem Operasi Jaringan digunakan untuk mengelola segala aktifitas aliran data antara workstation dan juga server.

Sistem Operasi Jaringan dibagi menjadi dua yaitu yang berbasi GUI dan CLI. Dimana saya sekarang akan menjelaskan tentang Sistem Operasi Jaringan yang berbasi GUI. GUI bisa kita artikan sebagai tampilan, dimana kita akan dihadapkan dengan user interface ketika kita akan menjalankan suatu perintah, berbeda dengan CLI dimana kita akan dihadapkan dengan perintah yang mengharuskan kita untuk menuliskan semua perintah tersebut dalam sistem operasi tersebut.

Salah satu contoh dari Sistem Operasi Jaringan yang berbasis GUI adalah Ubuntu server. Dimana ubuntu adalah Sistem Operasi yang dapat kita peroleh dengan Gratis tanpa mengharuskan untuk membeli lisensi agar dapat menggunakan Sistem Operasi tersebut.

Sekian resume dari materi yang saya tuliskan

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 komentar

bagus ini buat anak tkj :D. terimakasih artikelnya mas

Balas